– Jadikan Hasil Asesmen sebagai Acuan

PAREPARE, -Usai Melakukan Asesment langsung di lokasi pasca bencana banjir beberapa waktu lalu, Tim relawan Puspaga Peduli Ta’ di bawah binaan Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan (ERAT) akan kembali menyambangi kediaman para korban banjir di Kota Parepare, pada Kamis, 2 Maret 2023.

Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pendampingan psikis dan penyintasan atau kemampuan untuk bertahan hidup di dalam suatu kondisi atau keadaan yang cukup terpuruk.

Ketua Puspaga Peduli Ta’, Sriyanti Ambar mengatakan, dari hasil asesment mereka terkuak sebanyak 63 penyintas banjir di tiga kecamatan yang membutuhkan pendampingan psikologis.

“InsyaAllah Puspaga bersama psikologi UNM dan penyuluh agama akan turun pendampingan psikologis secara door to door sesuai data asesmen,” katanya usai memimpin rapat Puspaga Pada, Rabu, 1 Maret 2023 di Balai Ainun.

Dia menambahkan, pihak Puspaga juga akan menyalurkan beberapa hal yang dapat korban bencana manfaatkan. Seperti, informed consent, sejumlah makanan kotak, cemilan juga mainan untuk anak-anak korban bencana.

“Selain itu kami juga akan membawa beberapa mukenah dan baju hasil donasi dari para donatur serta obat-obatan dari PAFI,” ujarnya.

Sriyanti berharap, agar kegiatan aksi pendampingan yang akan mereka lakukan dapat berjalan dengan lancar serta donasi yang mereka berikan dapat bermanfaat untuk korban.

Senada, Pembina Puspaga PeduliTa yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan mengatakan, pendampingan akan dilakukan dengan mengacu pada asesmen yang dilakukan beberapa waktu lalu. Pendampingan itu kata dia, untuk menyembuhkan rasa trauma para korban banjir. Selain itu, sentuhan rohani juga dilakukan istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare ini agar masyarakat Parepare, korban terdampak banjir dapat ikhlas dengan bencana yang menimpanya.

“Kita berikan pendampingan psikis dengna sentuhan rohani. Apapun yang terjadi di dunia ini, semua atas kehendakNya. Sesungguhnya semua datangnya dari Allah dan akan kembali kepadaNya,” pesan ERAT, akronim dia. (*)