MAKASSAR, DP3A — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dalduk KB (P3ADALDUKKB) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan workshop pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak Siga Kabupaten / Kota pada 30 Juni – 2 Juli 2021.

24 Kabupaten Kota diundang, salah satunya DP3A Kota Parepare, diwakili Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Sriyanti Ambar.

Pembukaan dibuka oleh, kepala Dinas P3ADALDUKKB Prov Sulsel, Dr. dr Hj Fitriah Zainuddin, didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas P3ADALDUKKB Prov Sulsel, Hj Aryani Aruji.

Ia menyampaikan Sistem Gender dan Anak (SIGA), menjadi salah satu Sub urusan wajib bidang pemerintah pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kewenangannya harus dilakukan oleh pemerinah daerah tingkat provinsi untuk menyediakan informasi anak tersistem demi mewujudkan satu data Indonesia.

Pencapaian SIGA dalam bentuk website, menurutnya sangat signifikan. Karena dibawah keterbatasan anggaran, di tahun 2021 telah 16 kabupaten telag memiliki SIGA.

“Kami berharap tahun 2022 bisa mencapai target minimal 18 kabupaten kota yang memiliki website SIGA. Bentuk inovasi SIGA kedepannya, sebagai peyedia data dan informasi gender data dan aak yang bisa mereview updating data gender dan anak,” jelasnya Kamis, 2 Juli 2021.

Kepala Bidang KG, Sriyanti Ambar mengatakan, usai kegiatan workshop, maka akan ditindak lanjuti. Yaknk dengan membentuk tim data gender dan anak tingkat kelurahan, dengan Output memiliki operator data yang melakukan pengimpulan data. Dan outcome membuat buku profil gender dan anak di kelurahan.

“Profil gender dan anak tingkat kelurahan, merupakan miniatur dari tim data tingkat kota yang terdiri dari SKPD, lembaga dan vertikal, yang telah dibentuk tahun 2020. Outpunya¬† ada operator data SIGA, dan profil gender dan anak,” terangnya. (upi)