PAREPARE, DP3A — Pemilihan duta anak Forum Anak Kota (Fakta) Parepare dibawah naungan pemerintah kota, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kota Parepare, dilaksankan tiap tahunnya.

Kali ini pemilihan dilaksanakan di Balai Ainun Kota Parepare, sejak 30 April, hingga grand Final, Rabu 5 Mei.

Sebanyak 21 Finalis yang lolos untuk memperebutkan Duta Anak Kota Parepare. Para finalis melalui orasi tentang hak anak, dan dilakukan pemilihan 10 besar.

Penilaian dilakukan oleh dewan juri, yaknk Kabid PPA, dr Zulfadyanty, sekretaris Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Andi Nilawati dan duta anak Parepaere 2016,2017, serta ketua Fakta Pare tahun 2016.

Plt Kepala DP3A Parepare, Andi Rusia mengatakan duta anak yang terpilih menjadi perwakilan duta anak Parepare, akan mengikuti festival anak Sulawesi Selatan yang dilaksankan pada akhir bulan Mei. Duta anak Parepare menjadi jembatan koordinasi antara anak parepare dengan pemerintah kota parepare.

“Melalui ajang pemilihan tahun ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk mengekslresikan kreatifitas anak-anakku semua,” harapnya.

Ketua Fakta Pare periode 2020-2021, Muhammad Fahrul menyampaikan siapapun yang terpilih menjadi duta anak dapat lebih berkontribusi pada anak-anak kota Parepare.

“Bagi finalis yang belum terpilih, pintu forum anak terbuka lebar, bagi kalian yang ingin  berkontribusi, untuk memenuhi hak dan kewajiban teman-teman yang ada di Kota Parepare,” katanya.

Dari 21 Finalis, empat finalis berhasil terpilih menjadi duta anak, dan satu orang juara favorit. Diantaranya,<span;> Abdul Rahman, Hamdana Hamzi, Sri Amalia, dan Andi Fadlan  haikal Kahfi. Juara Favorit, Muhammad Nurdin Dahlan Almubaraq.

Seorang finalis yang terpilih, Sri Amalia merasa bahagia bisa terpilih menjadi duta anak, dengan poin tertinggi. Dengan terpilihnya, dikatakan akan mengembangkan duta anak Parepare.

“Saya tidak menyangka kalau saya terpilih. Dan saya sangat bersyukur dan merasa bahagia bisa terpilih diantara 20 finalis,” katanya dengan penuh haru. (upi)