PAREPARE, DP3A– Pusat pembelajaran Keluarga Parepare dan Layanan Konseling Terintegrasi (Puspaga Peduli Ta’) merayakan puncak  Hari Lansia Nasional Di Panti Jompo ke-26, Tahun 2022, di UPT PPSLU Mappakasunggu Parepare, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Parepare, Jumat 3 juni 2022.

Pada kegiatan tersebut, Puspaga Peudli Ta’ menggandeng beberapa pihak untuk bekerjasama, diantaranya TP PKK kota Parepare, PKK kecamatan dan PKK kelurahan , pemerintah kecamatan dan kelurahan, PAFI,  IAIN Parepare, dan AKPER Fatima dan beberapa unsur lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Pembina Puspaga Peduli Ta’, Hj Erna Rasyid Taufan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Parepare, Hj Andi Rusia.

Hj. Erna Rasyid Taufan yang juga selaku ketua TP PKK Kota Parepare hadir mencairkan suasana saat berbaur bersama para lansia tanpa sekat.

Di momen tersebut, sejumlah lansia berbagi cerita, selain ikut bernyanyi dan bersalawat hingga mendengarkan tausiah singkat dari Erna.

Kasim, salah satu lansia asal Kota Makassar, mengaku senang dengan ceramah yang dibawakan Pembina Puspaga PeduliTa Parepare tersebut. “Senang sekali mendengarkan ceramah Ibu Wali. Ceramah Ibu sangat menyentuh,” katanya.

Dalam kegiatan itu, Erna menyerahkan bingkisan kepada para lansia di aula maupun di wisma. “Insya Allah kami akan intens memperhatikan kondisi para lansia dengan berkolaborasi dengan pemerintah sampai ke tingkat kelurahan untuk saling bahu-membahu mengatasi masalah sosial kita, termasuk para lansia,” kata Erat, akronim nama dia.

Secara teknis, Ketua Puspaga PeduliTa, Sriyanti Ambar, menyebutkan sejumlah rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Lansia Nasional itu.

“Beberapa kegiatan kita lakukan seperti memandikan lansia, senam lansia, edukasi penyuluh agama, pemeriksaan kesehatan, akupresur, games, pemberian bingkisan, menikmati bubur kacang ijo, dan mengunjungi wisma lansia,” sebut Sriyanti Ambar yang juga Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3A Parepare ini.(*)