PAREPARE, DP3A– Penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022 dijadwalkan verifikasi finalnya pada 6 Juli 2022 mendatang, dan pengumumannya 23 Juli.

Segenap tim gugus tugas KLA Kota Parepare telah melakukan berbagai agenda rapat, bimbingan teknis serta pengiriman aplikasi pertanyaan evaluasi KLA 2022 secara online.

Pada 7 Maret hingga 2 April mendatang dilakukan Evaluasi mandiri Kabupaten Kota. Hal itu dilakasanakan gugus tugas KLA Kota Parepare.

Bidang kesekretariatan gugus tugas KLA, yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A)Kota Parepare telah memulai rapat evaluasi di Aula DP3A Parepare, Senin 7 Maret 2022.

Rapat teesebut sesuai sceadule tang telah dikirimkan Kementrian PPPA.

Pada isi surat tersebut menyebutkan Penyelenggaraan KLA dilakukan melalui pengintegrasian seluruh sistem pembangunan di kabupaten/kota yang berarti melakukan pengintegrasian hak-hak anak ke dalam setiap proses penyusunan kebijakan, program dan kegiatan di setiap tahapan pembangunan mulai dari perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi baik ditingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan dan desa/kelurahan.

Kepala DP3A Parepare, Hj Andi Rusia  melalui Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Sappa Sao mengatakan terdapat lima klaster dan satu kelembagaan yang menjadi penilaian. Ia mengatakan satu kelembagaan mencakup lima klaster itu.

Selanjutnya kata dia, KLA tahun 2022 dan tahun lalu memiliki perbedaan dari nilai bobot dan pertanyaan yang telah ditentukan kementrian PPPA.

“Tapi kalau mau lihat hanya sedikit perbedaan,” tuturnya.

Ia mengatakan akan optimis naik tingkat menjadi utama pada penilaian KLA 2022, atau setidaknya mempertahankan kategori saat ini. Karena pada tahun 2021 Kota Parepare memperoleh Penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya.

“Semua SKPD tertentu terlibat pada penilaian ini. Kita optimis untuk naik tingkat tahun ini menjadi utama, paling tidak mempertahankan kategori Nindya saat ini,” tandasnya. (upi)