PAREPARE, DP3A– Mendorong perekonomian masyarakat, Pemerintah Kota Parepare¬† melalui¬† Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) bersama Puspaga Peduli Ta’ Kota Parepare, menggelar pelatihan kewirausahaan bagi kelompok rentan, di Balai Ainun Habibie, Ahad, 19 September 2021.

Pelatihan kewirausahaan tersebut dengan memanfaatan limbah minyak yang telah dipakai berulang kali, diolah menjadi sabun padat. Memghadirkan pemateri, Kurniati Zainuddin dari Komunitas Pelipur, dan Ketua Yayasan Ruman Belajar Cinta Damai (RBCD), Dr Asniar Khuman.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah, Iwan Asaad. Ia mengatakan, adanya pelatihan pengolahan minyak jelantah menjadi sabun dapat meningkatan keterampilan masyarakat tentang pengolahan limbah menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi.

“Saya berharap peserta dari ibu-ibu rumah tangga dapat berkreatifitas dengan memanfaatkan limbah diolah menjadi produk dan bernilai jual serta berpotensi sebagai produk wirausaha,”harapnya.

Senada, Kepala DP3A Parepare, Andi Rusia, mengungkapkan, pelatihan minyak jelantah diolah menjadi sabun tersebut dapat menambah pengetahuan ibu rumah tangga, dan membangun kreatifitas ekonomi. 

“Biasanya minyak yang telah terpakai itu kita buang saja. Padahal itu dapat merusak lingkungan sekitar. Dengan adanya pelatihan ini, dapat menghasilkan karya yang bernilai ekonomi. Sehingga ibu-ibu, kader PKK, dapat meningkatkan ekonomi utamanya di lingkup keluarganya,” jelasnya.

Acara tersebut dipandu, ketua Puspaga Peduli Ta’ Kota Parepare, Sriyanti Ambar, yang juga selaku kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3A Parepare. (upi)