PAREPARE, DP3A —¬† Pemerintah Kota Parepare, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare melaksanakan kegiatan Menakar Kepemimpinan Perempuan, mengundang Kaukus Perempuan Politik Indonesia yang ada di Kota Parepade, di Balai Ainun, Selasa 7 September 2021.

Mendalami kepemimpinan, DP3A mengundang pemateri andal dari Deputi Kesetaraan Gender Kementrian PPPA , Lenny N Roslin0. Kasubdit Instrumen Hak Kelompok Rentan, Ditjen HAM, Kemenkumham, Hidayat. Tidak hanya itu, perempuan yang menjadi pemimpin di Parepare juga dihadirkan menjadi narasumber di antaranya Asisten I Pemkot Parepare Amina Amin, Kepala DP3A Parepare Hj Andi Rusia, dan Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia Parepare Hj Zaenab Syamsuddin.

Selama proses kegiatan, dipandu dua moderator, Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Sriyanti Ambar, dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Parepare Dr Ibrahim Fattah.

Walikota Parepare, didampingi Asisten 1, menyampaikan  perempuan memiliki kontribusi penting dalam politik Indonesia khususnya di Kota Parepare, dengan tingkat partisipasi yang telah mengalami peningkatan 24%. Sedangkan di DPRD Kota Parepare telah mengalami peningkatan sebelumnya hanya lima perempuan, dan periode kali ini enam perempuan.

“Trennya masih sedikit tetapi sudah menunjukkan tren yang positif dalam perpolitikan di Kota Parepare,” jelasnya.

Kepala DP3A Kota Parepare, Hj Andi Rusia menyampaikan, kegiatan Menakar Kepemimpinan Perempuan bertujuan meningkatkan komitmen pemerintah kota Parepare dalam peningkatan partisipasi perempuan di lembaga legislatif. Tak hanya itu, perempuan juga mengetahui strategi keterwakilan perempuan di parlemen dan pemerintahan.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat memberikan memberikan pandangan kepada perempuan untuk mengetahui langkah-langkah strategis upaya peningkatan partisipasi perempuan dalam kehidupan ekonomi dan politik,” pungkasnya. (upi)