PAREPARE, DP3A — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) penginputan dan penyajian data gender dan anak pada aplikasi sistem informasi gender dan anak (SIGA) tingkat kecamatan/ kelurahan. Juga penyegaran operator SIGA tingkat OPD.

Kegiatan dilaksanakan secara virtual, 22 Juli, dan dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare. Hadir juga Sekretaris DP3A Parepare, St Rahma Amir, dan Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Sriyanti Ambar.

 Sekretaris DP3A Parepare, Rahma Amir menerangkan, data terpilah yang diunggah di SIGA dapat memudahkan melihat adanya data antara laki-laki dan perempuan, atau data terpilah lainnya yang berada di Parepare.

“Sinergitas dengan BPS, Kominfo untuk data terpilah gender. Ini untuk mengetahui indeks pemberdayaan dan pembangunan gender di Parepare dengan beberapa parameter,” jelasnya.

Sementara ketua panitia kegiatan, Sriyanti Ambar
menerangkan, output pada kegiatan tersebut nantinya terbentuk sumber daya manusia (SDM) SIGA tingkat kecamatan, dan kelurahan, dan membuat profil gender dan anak dalam bentuk buku.

“Nanti akan ada berupa profil tingkat kecamatan dan kelurahan. Bahan dari tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan itu akan dijadikan referensi dalam pembuatan profil gender dan anak,” terang Sriyanti Ambar yang
juga Kabid Kesetaraan Gender DP3A Parepare. (upi)