PAREPARE, DP3A— Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Parepare membagikan bingkisan berupa perlengkapan salat kepada satu orang tahanan anak, dan 19 orang tahanan perempuan di Lembaga Permasyrakatan (Lapas) kelas II Parepare. Jumat, 30 April 2021.

Perlengkapan salat tersebut merupakan pembagian dari Dinas PPPA, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kedatangannya disambut langsung Kepala Seksi pembiaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan, Simung.

Plt Kepala Dinas PPPA Parepare, Andi Rusia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sinergitas bersama anak yang berhadapan dengan hukum, serta bersama Lapas kelas II Parepare telah memiliki Memorandum Of Understanding (MoU).

“Penyerahan tersebut berupa sarung, alat shalat, alquran, dengan kopiah untuk anak-anak kelas II Parepare.

Harapannya, monitoring yang dilakukan sejak 2019 itu melakukan komitmen perjanjian, antara lembaga terkait dan non lembaga pemerintah, tentang bagaimana kita menghadapi anak-anak yang berhadapan hukum, untuk memberikan support kepada mereka,” katanya.

Selain itu, anak yang berhadapan dengan hukum tetap aktif di musrembang anak. Pendampingan juga diberikan sesuai dengan lembaga. Seperti, Dinas pendidikan sebagai mengawas tentang pendidikan, Dinas Pariwisata tentang kreatifitas, sarana olahraga dan seni. Dinas kesehatan tentang kesehatan anak. Serta DP3A dalam hal ini Forum Anak Kota Parepare tetap bersinergi dengan kegiatan anak-anak yang berada di Lapas, termasuk musrembang. (upi)