PAREPARE – Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare cukup sentral dalam menyukseskan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh PKK Kota Parepare. Hampir semua kegiatan organisasi ini senantiasa bersentuhan dengan DP3A.

Sebut saja misalnya program kesetaraan gender dalam pembangunan daerah. Kegiatan ini anggarannya bersumber dari dinas yang kini dipimpin oleh Hj. Rostina itu.  Begitu pula anggaran PKK Kota Parepare lainnya, baik  di Pokja I, II, III, IV  maupun sekretariat PKK, anggarannya include dalam kegiatan DP3A.

Kepala Dinas  Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Parepare, Hj. Rostina, menegaskan, pihaknya siap mendukung dan menyukseskan seluruh program kegiatan PKK Kota Parepare. Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi (Rakor) Pengurus Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Sabtu 19 Juni 2020.

Raakor yang berlangsung secara virtual via video converence itu, mengulas program-program kerja yang telah disusun dan dinilai terintegrasi dengan penanganan Covid-19, termasuk kesiapan jelang diterapkannya tatanan kehidupan normal baru produktif dan aman Covid-19 (new normal).

Rakor yang dibuka oleh ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan dan  dipandu Sekretaris TP PKK , Amina Amin, diikuti pengurus PKK Kecamatan, dan Kelurahan se-Parepare, serta sejumlah Kepala SKPD terkait.

Beberapa program yang diulas Hj. Erna Rasyid taufan, seperti lomba kebersihan masjid, pelatihan home industri berbasis online, sosialisasi dan edukasi pencegahan Covid-19, termasuk lomba kebersihan home industri, program Wanita Tani dan sejumlah program lain yang dikolaborasikan dengan instansi terkait.

Dalam rakor itu, juga mencuat salah satu program “Gerakan Tabungan Sisa Belanja” yang digagas Ketua PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan.

“Teknisnya, kita sisihkan uang belanja kita, berapapun, bisa seribu, atau dua ribu tergantung kemampuan kita. Kita lakukan secara berkesinambungan, apakah satu kali seminggu atau satu kali sebulan lalu kita bantu orang-orang sekeliling kita,” terang Erna Rasyid Taufan.

Istri Wali Kota Parepare ini berharap, program kerja yang dibahas secara virtual dengan durasi sekira dua jam setengah ini dapat segera direalisasikan.

“Semoga semangat dan antusias kita dalam rapat ini dapat segera kita lakukan dan kita bisa bergerak cepat,” harap Erna Rasyid Taufan.